Selamat Datang di Pusat Informasi Polda NTT. Visi : Terwujudnya pelayanan kamtibmas prima, tegaknya hukum di wilayah Polda NTT dalam mendukung keamanan dalam negeri, serta tegaknya sinergi Polisional yang proaktip, dengan penyebaran Polisi disemua lini, sepanjang waktu.

Thursday, March 12, 2015

Pemotor Pintar .... Agar Hati - Hati : Penggunaan Rem Cakram Modifikasi



Sepeda motor menjadi salah satu solusi transportasi di Tanah Air dewasa ini. Sepeda motor juga sangat digandrungi oleh kalangan anak muda saat pencarian jati diri sehingga melahirkan banyak trend modifikasi. Apalagi sekarang telah membudaya dan muncul komunitas serta gang gang sepeda motor yang turut mengisi media dan berita kita. Biasanya para pemilik motor memiliki inovasi dan jiwa kreatifitas terhadap tunggangannya untuk tampil beda dengan motor-motor yang berlaga di jalan raya.



Salah satu motif modif dengan menggunakan perangkat yang biasanya kena sentuhan modifikasi adalah penggunaan rem cakram. Terlebih, saat ini sudah banyak model dan variasi yang beredar di pasaran. Baik dengan ukuran besar, kecil, maupun yang dibalut dengan warna-warna cerah.


Sayangnya, banyak pula pemilik motor yang menghiraukan keselamatan dan kenyaman. Padahal, salah-salah ganti cakram bisa meningkatkan risiko kecelakaan.



Jenis spare part standart memang harganya terbilang cukup mahal, namun setimpal dengan faktor keselamatan yang diusungnya. Sementara itu, bagi produk abal-abal, biasanya hanya mempertimbangkan faktor gaya serta komsumtif belaka dengan ketebalan tidak rata, lalu materialnya juga tidak cocok dengan kampas yang membuat pengereman jadi licin dan berbahaya serta bertahan tidak lama.



Contoh produk rem cakram yang berukuran lebar, ini tidak dianjurkan. Sebab, motor bakal tidak stabil selagi melakukan pengereman karena terlalu pakem. Bagi pemotor yang digunakan aktifitas harian lebih baik menggunakan cakram standar bawaan pabrik.


Masalah yang kerap muncul dari cakram variasi adalah posisi selang. Biasanya terkadang suka terjepit dan berbelok-belok. Jika itu sudah terjadi, rentan bocor dan kinerja rem jadi tidak maksimal.

Banyak Kejadian yang karena ketidak tahuan adalah pemotor menggunakan motor matik  kemudian melakukan pengereman .... rem depan dan belakang di REM BLOKK ... akhirnya Out of Control

No comments:

Post a Comment